Akibat melakukan seks yang tidak sehat bagi kesehatan

Diposting pada

Akibat melakukan seks bebas yang tidak sehat sungguh berdampak patal pada kondisi kesehatan fisik maupun mental pelaku nya. Selain rentar terkna penyakit akibat melakukan seks bebas juga kan berdampak buruk pada citra dan wibawa sseorang di dalam lingkungan.

www.shutterstock.com

Akibat melakukan seks bebas yang akan kita bahas saat ini adalah terfokus pada dampak kesehatn yang ditimbulkan bahwa seks bebas tidak lah baik dan bukan berbicara soal gaya ataupun kepuasan semata, tapi mulailah pikirka resiko yang ditimbulkan.

Beberapa akibat melakukan Seks Bebas

Seks sehat yang diabaikan dapat menimbulkan beragam penyakit seksual. Bukan hanya tentang seks yang tidak menggunakan perlindungan, beberapa posisi atau gerakan seks yang salah juga bisa memicu timbulnya penyakit. Berikut ini adalah beberapa penyakit seksual yang bisa terjadi jika abaikan seks sehat.

Gonore

Gonore atau kencing nanah disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus yang dapat dengan mudah menggandakan diri dan tumbuh cepat di dalam selaput lendir tubuh. Tidak hanya di dalam organ intim, bakteri ini juga bisa berkembang di dalam anus, mulut, dan bahkan tenggorokan. Bakteri ini dapat berpindah ke orang lain melalui hubungan seksual, baik oral, anal, ataupun melalui organ intim. Gejala yang ditimbulkan jika seseorang terkena penyakit ini antara lain, cairan kental berwarna putih atau kuning kehijauan dari dalam organ intim, perih saat buang air kecil, nyeri panggul atau perut bagian bawah, mengalami flek setelah berhubungan, perdarahan di antara waktu haid, radang vulva (bibir kelamin perempuan), pembengkakan kelenjar di tenggorokan, atau tenggorokan terasa perih setelah melakukan seks oral.

Herpes genital

Herpes merupakan penyakit menular seksual yang terjadi karena adanya virus herpes simpleks. Penyakit ini tidak hanya menyebar melalui hubungan seks, menyentuh bagian luka herpes juga bisa memicu penyebarannya. Seseorang yang menderita herpes akan merasakan adanya bintil air putih atau benjolan merah kecil serta rasa sakit yang muncul setelah melakukan hubungan intim. Selain itu, ketika kulit sekitar kelamin yang melepuh pecah atau berdarah, akan menimbulkan bekas luka atau borok. Bekas luka tersebut yang kemudian menimbulkan sakit ketika buang air kecil. Hingga saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan herpes genital secara total, pengobatan yang dilakukan hanya untuk mengurangi gejala.

Cold sore

Cold sore (luka melepuh) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus HSV-1 dan dapat ditularkan melalui hubungan seks oral atau melalui ciuman dengan orang yang sudah terinfeksi. Sama seperti herpes pada organ intim, luka cold sore mungkin bisa kambuh kembali, dan untuk mengatasi lukanya Anda bisa menggunakan obat antivirus. Gejala yang timbul seperti gatal, kesemutan, luka melepuh yang berisi cairan dan dapat meninggalkan luka. Gejala lain seperti demam, pusing, atau sakit otot juga mungkin terjadi.

Kutil kelamin

Penyakit ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) yang penyebarannya dapat melalui hubungan seks, atau melalui luka di lapisan kulit. Seseorang yang terinfeksi virus ini biasanya akan memiliki kutil di sekitar kelamin termasuk anus, tapi bisa juga muncul beberapa kutil di bagian tubuh lainnya yang terkena virus ini. Misalnya saja pada bagian tangan, jari tangan, bagian telapak kaki, wajah, dan leher. Kutil yang tumbuh tidak hanya menganggu kenyamanan namun juga bisa menimbulkan rasa sakit serta gatal.

Selain beberapa penyakit di atas, mengabaikan seks sehat, bergonta-ganti pasangan, dan tidak memerhatikan kesehatan diri serta pasangan juga bisa memicu munculnya penyakit seperti HIV. Sedangkan jika Anda melakukan jenis seks yang tidak sehat, seperti sering melakukan hubungan seks anal, dapat membahayakan kesehatan. Karena jaringan di dalam anus tidak memiliki perlindungan natural sehingga mudah sekali terjadi infeksi. Dan bakteri dapat lebih mudah masuk ke dalam aliran darah. Melakukan seks anal juga bisa memicu kanker anal, HIV, atau dapat membuat otot anus kesulitan menahan feses.

Menyikapi dari berbagai dampak dan akibat melakukan seks bebas yang sangat merugikan kesehatan kita, maka dari itu lakukan lah seks yang sehat dan jauhi dari kegiatan yang akan memicu pergaulan bebas dan seks bebas.

 

 

Akibat melakukan seks bebas

 

Baca Juga : Waspadai Ancaman Penyakit Fimosis bagi Pria yang belum Disunat!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *